Peringati World Cleanup Day, Warga Kelurahan Jatinegara Pilah Pilih Sampah

Details

 

Metroonlinenews.com, Jakarta – Warga RW 011 Kelurahan Jatinegara, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, dalam memperingati `World Cleanup Day` (Hari Bersih-bersih Sedunia) tahun 2022. Bekerja bakti membersihkan sampah untuk dipilah dan dipilih kemudian ditimbang agar bisa dijual. Jenis sampah yang dipilah memiliki nilai ekonomis seperti botol plastik termasuk sampah kardus

Lurah Jatinegara, Slamet Sihabuddin, Sabtu (10/9/2022), mengatakan, kegiatan para kader hingga warga RT 11 yang melakukan pilah sampah dan melaksakan aksi bersih-bersih patut di apresiasi, karena kegiatan pilah sampah ini merupakan tindak lanjut dari instruksi Wali Kota Jakarta Timur tertanggal 2 September 2022 yang meminta jajaran kecamatan dan kelurahan sejak tanggal 4 sampai 16 September 2022 mengkoordinir masyarakat melaksanakan kegiatan pemilahan sampah dan mengapresiasi kelompok warga yang paling banyak timbangan sampah ekonomisnya.

“Apresiasi buat RW 06 untuk penimbangan sampah warga yang terbanyak dikelurahan Jatinegara,” ujarnya.

Terkait kenaikan Harga BBM yag berdampak kesemua warga, Lurah Jatinegara membagikan undangan kartu BLT untuk warga di wilayah RW 06. Pemberian kartu diwakili masing-masing Ketua RT untuk nantainya dibagikan kepada warga setempat.

Perwakilan Camat Cakung, Muslim, berharap kegiatan pilah sampah terus ditingkatkan agar bank sampah makin berkembang.

“Mari kita tingkatkan kegiatan bank sampah di wilayah Rw. 06 Saya melihat ibu-ibu kader Jumantik semangat sekali dalam melakukan pilah sampah warga,” ujar Muslim.

Sementara itu, Ketua RW 06, Nachrowi dalam sambutannya mengucapkan terimakasih atas partisipasi para kader dalam kegiatan pilah sampah.

Kegiatan aksi pilah sampah inipun dilakukan dari rumah masing-masing, yaitu oleh para kader dan warga yang melakukan pemilahan sampah di rumah. Kemudian dikumpulkan dan diambil Bank Sampah untuk ditimbang.

“Saya berharap apa yang dilakukan para kader di RT 11 ini bisa menginspirasi kader di RT-RT yang lain di lingkungan RW 06, wilayah ini termasuk terbanyak dalam penimbangan sampah yaitu 700 kg, sedangkan penimbangan dilakukan dua Minggu sekali,” ujarnya.

Tema dari Aksi Bersih-Bersih World Cleanup Day tahun ini adalah Pilah Sampah dari Rumah yang berarti memberikan edukasi dan kesadaran kepada masyarakat bahwa menanggulangi masalah sampah dapat dilakukan dengan cara memilah sampah dari rumah.

World Cleanup Day juga merupakan gerakan sosial yang bertujuan mengajak dan mengedukasi masyarakat untuk memiliki kesadaran membersihkan, menjaga dan memelihara lingkungan, mulai dari diri sendiri, rumah dan masyarakat.

Turut hadir, Ketua Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kecamatan Cakung, Rohmat, FKDM Jatinegara, Abdul Halim dan para Ketua RT di lingkungan RW 06. (Zul)