Ditolak Puskesmas Cipancuh, Ratusan Karyawan PT Taekwang Subang Urus SKS di Puskesmas Haurgeulis

Details

Metroonlinenews.com, Indramayu – Ratusan karyawan PT TK Industrial Indonesia atau yang lebih dikenal oleh masyarakat PT Taekwang memadati halaman Puskesmas Haurgeulis, Kamis (28/5/2020).

Ratusan karyawan ini datang untuk membuat surat keterangan sehat (SKS) sebagai salah satu persyaratan masuk perusahaan untuk bekerja kembali setelah libur lebaran.

Firda, salah seorang karyawati asal Haurgeulis mengatakan, pembuatan surat keterangan sehat ini merupakan kebijakan dari perusahaan untuk kembali bekerja setelah libur lebaran.

“Perusahaan mewajibkan karyawan untuk membuat surat keterangan sehat untuk masuk kerja setelah libur lebaran,” katanya.

Sebelum ke Puskesmas Haurgeulis, jelas Firda, ada beberapa teman yang mencoba mengurus surat keterangan sehat ke Puskesmas Cipancuh, namun ditolak. Jadi kami semua ke Puskesmas Haurgeulis.

Sementara itu, Humas Puskesmas Haurgeulis, Taufik Rohman mengatakan pihaknya sudah diberitahu mengenai adanya tembusan permintaan surat keterangan sehat dari perusahaan untuk karyawannya dengan membawa formulir dari perusahaan. Namun pihaknya sempat kaget dengan membludaknya karyawan Taekwang yang datang ke Puskesmas Haurgeulis.

Saat dikroscek format yang diajukan oleh perusahaan, pihaknya langsung berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Indramayu perihal pernyataan yang menyatakan orang tersebut tidak pernah keluar kota.

“Format dari perusahaan kita tolak, kita pakai format baku dari Dinas Kesehatan Indramayu,” kata Taufik.

Menurut Taufik, surat keterangan sehat yang dikeluarkan oleh Puskesmas Haurgeulis hanya menerangkan mengenai suhu, tekanan darah dan ditanya sesak apa tidak.

“Surat Keterangan Sehat yang kami keluarkan, tidak menyatakan bahwa orang tersebut bebas dari Covid,” katanya.

Membludaknya jumlah karyawan yang mengajukan Surat Keterangan Sehat, membuat pihak Puskesmas Haurgeulis mengeluarkan kebijakan untuk membatasi jumlahnya hanya maksimal untuk 50 orang per hari mulai besok.

“Kami harus menjalankan protokol penanganan covid dengan membatasi peserta yang hadir untuk mengurangi kerumunan,” pungkas Taufik.

Saat Metro Online News menghubungi via pesan whatsapp perihal penolakan pembuatan surat keterangan sehat, Kepala Puskesmas Cipancuh hanya membaca tanpa membalas untuk memberikan keterangan.

(Gunawan)

Urus SKS, Ratusan Karyawan PT Taekwang Subang Padati Halaman Puskesmas Haurgeulis

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.