Pemdes Haurgeulis Gelar Seminar Pencegahan Stunting

Details

Metroonlinenews.com, Indramayu – Dalam upaya mendukung program Gerakan Penurunan Stunting Indramayu Terpadu (Gesit) yang digagas oleh Bupati Indramayu, Nina Agustina, Pemerintah Desa Haurgeulis menggelar seminar pencegahan Stunting di aula Kantor Kuwu Haurgeulis Kecamatan Haurgeulis Kabupaten Indramayu Jawa Barat, Selasa (15/11/2022).

Isma Shewarka Dhewanthara, Kuwu Haurgeulis mengatakan, kegiatan seminar tersebut sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai stunting mulai dari pencegahan hingga penanganannya. Dan sasarannya selain keluarga yang memiliki kasus stunting, juga wanita usia pra nikah, ibu hami dan menyusui,

“Selain seminar, pada kegiatan tersebut juga diberikan bantuan berupa makanan dan susu untuk bayi sebagai asupan gizinya, juga hadiah bagi para peserta yang hadir,” ucap Kuwu Haurgeulis.

Menurut Isma, di Desa Haurgeulis sesuai catatan Dinas Kesehatan terdapat 3 kasus stunting. Dirinya berharap dengan diadakan kegiatan tesebut bisa menekan angka stunting di Desa Haurgeulis menjadi zero stunting.

“Terhadap keluarga dengan kasus stunting, upaya yang telah kami lakukan dengan terus memonitor perkembangan mereka secara rutin dan memberikan bantuan makan dan minuman untuk asupan gizinya,” tutur Isma.

Sementara itu, Tati Rahmawati, Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Indramayu yang ikut hadir, sangat mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh Pemdes Haurgeulis dalam upaya mendukung program Bupati Indramayu untuk menekan angka stunting.

“Kegiatan yang dilakukan oleh Pemdes Haurgeulis sangat bagus sekali, atas inisiatif sendiri mereka mengadakan seminar untuk memberikan wawasan kepada masyarakat dalam penanggulangan stunting tanpa menunggu instruksi secara formal dari Pemda Indramayu,” ucap Tati Rahmawati.

Tati Rahmawati pun berharap agar Desa lain di wilayah Indramayu bisa mengikuti apa yang sudah dilakukan oleh Pemdes Haurgeulis dalam mendukung program Bupati Indramayu Zero stunting.

(Gunawan)