Din Syamsudin Pimpin Gerakan Kembali ke UUD 45 Asli

Details

 

Metroonlinenews.com, Jakarta – Mantan Ketua Umum Muhammadiyah, Prof. Din Syamsudin memimpin Gerakan Kembali ke UUD 45 Asli.

Gerakan Kembali ke UUD 45 ini diadakan di Gedung Joang, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (7/11/2023).

“GK 45 atau Gerakan Kembali ke UUD merupkan gerakan kolektif kolegial dan merupakan manifestasi dari kebersamaan kita yg at the end ada permufakatan nasional baru untuk kembali ke UUD 45 Asli,” ujar Din ketika memberi orasi.

Menurut Din, GK merupakan Gerakan konstitusional yang menginginkan kehidupan bernegara untuk kembali kepada semangat 18 Agustus 1945.

Bagi Din, jelas kehidupan nasional Bangsa Indonesia sejak diamandemen 2002 telah menimbulkan kerusakan dalam kehidupan bangsa kita.

“Kita melihat telah terjadi kerusakan struktural, destruksi, distorsi dan disorientasi dari nilai-nilai dasar yg telah disepakati oleh para pendiri bangsa pada 18 Agustus 1945 yang di dalamnya terdapat Pancasila.

Lebih lanjut dijelaskannya, GK ini terdiri para tokoh lintas agama, suku, purnawirawan, pengusaha dan berbagai elemen masyarakat yang hari ini hadir mewakili mereka. Gerakan ini tidak akan berhenti hanya pada Deklarasi. Tetapi akan terus berjuang untuk mengembalikan UUD 45 Asli.

Hingga penandatanganan Deklarasi GK sudah terkumpul 450 orang sebagai pendiri awal.

“Kami membuka diri dan mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bergabung dalam Gerakan konstitusional ini,” papar Din.

Di akhir acara, Din memimpin pembacaan naskah Deklarasi Gerakan Kembali ke UUD 45 Asli.