Pramuka Indramayu Kerahkan Saka Bhayangkara, Bantu Kelancaran Mudik

Details

Metroonlinenews.com, Indramayu- Dalam rangka Operasi Ketupat Lodaya 2023.

Gerakan Pramuka Kwarda Jabar dan Kwarcab Indramayu, akan mengerahkan Anggota Pramuka Saka Bhayangkara untuk membantu petugas kepolisian dalam hal pengamanan dan kelancaran arus mudik di wilayah hukum Indramayu, Jawa Barat.

Sementara itu Kapolda Irjen. Pol. Akhmad Wiyagus didampingi Wakapolda Jabar Brigjen. Pol. Bariza Sulfi meninjau Pos Pengamanan di Rest Area Km 130 A, wilayah hukum Polres Indramayu. Selasa (11/04/2023).

Kedatangan rombongan Kapolda Jabar di Reast Area 130 A Cipali tersebut , disambut Kapolres Indramayu AKBP. M. Fahri Siregar didampingi Wakapolres Kompol Hamzah Badaru, beserta jajaran Polres Indramayu lainnya.

Kapolda Jabar Irjen. Pol. Akhmad Wiyagus melalui Kabid Humas Polda Jabar, Kombes. Pol. Ibrahim Tompo, mengatakan, Polda Jabar bersama Forkopimda melakukan rangkaian pengecekan ke-beberapa pos yang direncanakan sebagai pos pengamanan dan pos pelayanan bagi para pemudik Lebaran Idul Fitri Tahun 2023.

Sedangkan Operasi tersebut akan dilaksanakan selama kurang lebih 14 hari dimulai dari tanggal 18 April sampai 2 Mei 2023 dan akan dibangun sebanyak 328 Pos yang terdiri Pos Pelayanan sebanyak 222, Pos terpadu sebanyak 26 dan Pos Pengamanan sebanyak 80 Pos yang tersebar di seluruh wilayah Jawa Barat.

Menurut Ibrahim Tompo, untuk arus mudik yang digunakan diantaranya jalur Tol, jalur utara, kemudian jalur tengah dan jalur selatan dengan melibatkan kurang lebih 27 ribu personil yang akan melakukan pengamanan pada jalur-jalur mudik tersebut.

Ibrahim juga menyampaikan pesan Kapolda Jabar agar para pemudik nantinya lebih berhati – hati dalam melaksanakan mudik, perhatikan rambu – rambu lalulintas, gunakan fasilitas untuk beristirahat apabila dirasa lelah, karena tidak menutup kemungkinan kecelekaan terjadi akibat kelelahan.

“Para pemudik juga dihimbau untuk bisa mengatur waktu perjalanannya apabila dirasa lelah lebih baik beristirahat di tempat yang sudah disediakan dan bagi para pemudik yang menggunakan sepeda motor, diharap jangan berboncengan lebih dari 2 orang, terlebih sampai membawa barang bawaan yang melebihi kapasitas kendaraan”, ujarnya.

Sementara itu Sekretaris Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Barat, Fajar Kusumajaya, mengatakan, pengerahan Anggota Pramuka Saka Bhayangkara untuk membantu petugas kepolisian dalam hal pengamanan dan kelancaran arus mudik sudah rutin dilakukan, seiring digelarnya kegiatan Karya Bakti Pramuka mulai dari tingkat Kwartir Nasional, Kwartir Daerah, Kwartir Cabang, Kwartir Ranting hingga jajaran Majelis Pembimbing Desa atau Mabides.

“Anggota Pramuka Saka Bhayangkara yang dilibatkan dalam pengamanan dan kelancaran arus mudik Lebaran tersebut, sudah di Didik serta dilatih tentang Keamanan, Ketertiban dan Kelancaran berlalu lintas”, ujar Fajar.

Kapolres Indramayu, AKBP. M. Fahri Siregar, mengatakan, menjelang pelaksanaan Operasi Ketupat Lodaya 2023, pihaknya sudah mempersiapkan berbagai fasilitas agar para pemudik lancar berkendaraan dan merasa nyaman dalam perjalanan mudiknya. “Termasuk sudah melakukan Rapat Koordinasi Lintas Sektoral diantaranya dengan pihak Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Indramayu”, kata Kapolres.

Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Indramayu, Jajang Sudrajat, kepada tim Metro Online news.com, mengatakan, dengan adanya Rapat Koordinasi Lintas Sektoral terkait pelaksanaan Operasi Ketupat Lodaya 2023, maka hal ini sebagai bentuk sinergitas tersendiri antara Gerakan Pramuka dengan Polres Indramayu termasuk dengan jajaran lainnya.
“Rapat Koordinasi Lintas Sektoral ini sebagai pertanda antara Gerakan Pramuka dengan Polres Indramayu makin bersinergi”, ujar Jajang Sudrajat yang juga sebagai Asisten Daerah bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten Indramayu.
(Tim)