Penertiban PKL GOR Singalodra Nyaris Ricuh, Tidak Mau Direlokasi Karena Sepi Pembeli

Details

Metroonlinenews.com, Indramayu – Penertiban pedagang kaki lima (PKL) yang biasa mangkal dikawasan gelanggang olahraga (GOR) Singalodra Sindang Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, nyaris ricuh. Pasalnya para pedagang dan petugas terlibat adu mulut, bahkan sesama PKL itu sendiri sempat terjadi adu mulut hingga hampir baku hantam lantaran ada pedagang yang dianggap sebagai pemicu penertiban oleh petugas.

Salah seorang PKL, Yu Darmi (51 tahun), mengatakan, di masa pandemi Covid- 19 ini, semua sektor perekonomian masyarakat kalangan bawah terutama PKL terasa makin sulit. Sehingga jika tempat usahanya dipindahkan atau direlokasi maka kemungkinannya akan sepi pembeli. Bagi Yu Darmi berjualan dikawasan GOR Singalodra yang kebetulan berdekatan dengan gedung Pengadilan Agama Indramayu diharapkan sebagai ladang rejeki tersendiri dari pembeli yang merupakan tamu lembaga peradilan tersebut.

Selain itu protesnya Yu Darmi bisa dikatakan mewakili sebagian besar PKL di area GOR Singalodra tersebut.

“Saya protes kalau tempat berjualan dipindah jauh dari lokasi gedung Pengadilan Agama. Khawatirnya nanti sepi pembeli,” kata Yu Darmi sambil menggendong cucunya, Jumat (7/1/2022).

Sementara itu, menurut Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Indramayu, Jahirin, akan dipindahnya tempat berdagang PKL semata- mata untuk memperindah wilayah GOR Singalodra.

“Supaya tertib dan nyaman karena ini lahan Pemerintah, tidak mematikan rejekinya pedagang, rejeki itu kuasanya Allah Tuhan yang maha Esa,” ujar Jahirin.

Jahirin juga mengatakan jika penertiban kali ini masih sebatas meminta pedagang untuk memindahkan sendiri barang dagangannya, hanya saja jika pedagang itu tidak mengindahkan sampai dengan surat peringatan ke-3, maka pedagang akan dipindahkan secara paksa.

“Setelah surat peringatan ke-3 maka kami tidak akan segan memindahkan pedagang secara paksa,” tegas Jahirin.

Perlu diketahui, pada penertiban kali ini masih sebatas sosialisasi agar PKL yang berada di area GOR Singalodra pindah lokasi. Penertiban inipun melibatkan Kadispora Jahirin, Camat Sindang Rusyad, Kuwu Sindang Encang, Kasat Polisi Pamong Praja Teguh Budiarso, Babinkamtibmas Polsek Sindang dan Babinsa Koramil Sindang. (Guntur).

Penertiban PKL GOR Singalodra Nyaris Ricuh, Tidak Mau Direlokasi Karena Sepi Pembeli