MUI Dan Warga Haurgeulis Gelar Aksi Bela Palestina

Details

Metroonlinenews.com, Indramayu – Meningkatnya eskalasi konflik antara Palestina dan Israel, menuai reaksi dari umat muslim di berbagai wilayah di Indonesia, begitu juga ribuan umat muslim di Kecamatan Haurgeulis Kabupaten Indramayu Jawa Barat, yang menggelar aksi turun ke jalan tepatnya di bundaran tugu alun – alun Kecamatan Haurgeulis, Minggu (15/10/2023), guna mendukung dan membela perjuangan rakyat Palestina.

Aksi massa yang bertemakan “Haurgeulis Bersatu Bela Palestina” tersebut dimotori Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Haurgeulis dan melibatkan berbagai elemen masyarakat, baik dari Ormas Islam, komunitas pemuda, jam’iyah pengajian, pelajar dan tokoh masyarakat, bahkan tampak hadir salah seorang anggota DPRD Indramayu dari Fraksi Partai Golkar Daerah Pemilihan (Dapil) VI, M. Alam Sukmajaya berbaur bersama para peserta aksi.

Dalam Orasinya, Ketua MUI Kecamatan Haurgeulis, H.Lutfi A Harras menyampaikan pernyataan sikap, mengutuk keras atas perbuatan biadab zionis Israel yang telah membantai warga Palestina dan menyerukan seluruh umat Islam bersama – sama mendo’akan serta memberikan donasi yang dibutuhkan warga Palestina.

“Kami meminta kepada Pemerintah Indonesia bersikap tegas atas konflik Palestina-Israel. Pemerintah hendaknya tidak lupa bahwa Palestina lah negara yang pertama kali mengakui kemerdekaan Indonesia,” ucap Ketua MUI Haurgeulis.

Sementara itu, Koordinator Aksi, Haji Koko Komarudin menyampaikan, aksi tersebut merupakan puncak dari serangkaian aksi yang telah dillaksanakan sejak Jum’at lalu sebagai bentuk pernyataan sikap dan solidaritas , rasa cinta, ukhuwah Islamiyyah terhadap saudara muslim Palestina.

“Puncak aksi kali ini di-ikuti sekitar seribu orang dari berbagai elemen masyarakat Haurgeulis dan sekitarnya, bahkan ada juga yang datang dari wilayah Kabupaten Subang dan donasi yang terkumpul sekitar 40 juta rupiah,” jelasnya.

Aksi ditutup dengan pembacaan do’a untuk keselamatan umat Islam termasuk untuk keselamatan warga Palestina. Dan pada akhir aksi beka Palestina itupun, massa sempat membakar bendera zionis Israel, untuk kemudian membubarkan diri secara tertib.

(Gunawan)