Menteri PUPR Resmikan Jembatan Gantung Baleraja

Details

Metroonlinenews.com, Indramayu – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono didampingi anggota Komisi V DPR RI dari Fraksi PKB Dapil Jabar VIII, Dedi Wahidi dan Bupati Nina Agustina, meresmikan Jembatan Gantung Baleraja di Desa Baleraja Kecamatan Gantar Kabupaten Indramayu Jawa Barat, Senin (27/11/2023).

Jembatan tersebut merupakan akses peenghubung antara Desa Baleraja Kabupaten Indramayu dengan Desa Sidajaya Kabupaten Subang yang tingkat mobilitas masyarakatnya cukup tinggi. Sebelumnya masyarakat dari kedua wilayah Kabupaten tersebut hanya menggunakan rakit penyebrangan dalam melakukan aktifitas kesehariannya, sedangkan untuk menempuh jalur darat harus memutar sejauh puluhan kilometer.

Dikatakan Menteri Basuki, pembangunan Jembatan Gantung Baleraja merupakan bantuan Pemerintah Pusat sesuai kebijakan Presiden Joko Widodo, disamping itu salah satu misi pada Kementerian PUPR yaitu pembangunan infrastruktur ekonomi untuk menunjang perekonomian dan infrastruktur kerakyatan salah satunya jembatan gantung.

“Sampai saat ini di seluruh Indonesia sudah dibangun sekitar kurang lebih 600 an jembatan gantung, dan jembatan gantung Baleraja ini termasuk bentang yang cukup panjang sekitar 180 meter, biasanya rata – rata yang lain dibawah 100 meter, di Indramayu juga sedang dikerjakan percepatan perbaikan jalan daerah yang melalui inves 3,” ujarnya.

Sementara itu, anggota Komisi V DPR RI, Dedi Wahidi yang akrab disapa Dewa mengungkapkan, dirinya mengajukan pembangunan jembatan gantung Baleraja berawal dari keprihatinannya terhadap warga yang melakukan aktivitas melewati sungai Cipunagara menggunakan rakit penyebrangan dan rakit itu ketika banjir tidak bisa dioperasikan karena rawan kecelakaan.
“Dengan berdirinya jembatan gantung Baleraja diharapkan lebih bermanfaat bagi warga yang beraktifitas sehari – harinya menyeberangi sungai dan warga pun hendaknya bersama – sama menjaga jembatan gantung agar dapat digunakan selama mungkin,” pungkasnya.

(Gunawan)