Kunjungi Embung Wanakaya, Dedi Wahidi : Harus Segera Bangun Saluran Irigasi

Details

Metroonlinenews.com, Indramayu – Anggota DPR RI dari Fraksi PKB, H. Dedi Wahidi melakukan kunjungan kerja di wilayah Kecamatan Haurgeulis, Indramayu, Jawa Barat. Salah satunya meninjau embung Wanakaya. Dalam kunjungan kerjanya, Dedi Wahidi didampingi Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum serta Satuan Kerja Operasi dan Pemeliharaan SDA Citarum, Rabu (22/6/2022).

Embung Wanakaya seluas 4,2 hektar tersebut, pembangunannya selesai beberapa waktu lalu dan menelan anggaran lebih dari 32 miliyar belum bisa digunakan secara optimal, hal itu terjadi mungkin akibat belum tersedianya saluran irigasi permanen.

Menurut Dedi Wahidi, dirinya sengaja meninjau embung Wanakaya bersama BBWS untuk memastikan perlunya pemerintah segera membangun saluran irigasi agar embung tersebut bisa dimanfaatkan secara maksimal.

“Keberadaan embung Wanakaya diharapkan bisa mengairi sawah seluas 700 hingga 800 hektar, namun karena belum adanya saluran irigasi permanen, maka embung Wanakaya belum bisa mengairi sawah sesuai target,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala BBWS Citarum, Bastari, menyampaikan, pihaknya bersama Pemerintah Desa Wanakaya sudah sepakat untuk melaksanakan penyelesaian saluran irigasi sehingga manfaat embung Wanakaya bisa optimal mengairi sawah sepanjang 9 kilometer dengan 3 percabangan masing – masing sepanjang 3 kilometer.

“Pak Kuwu Wanakaya sudah menjanjikan, selesai panen musim ini lahan untuk pembuatan saluran irigasi sudah siap dikerjakan,” ucap Bastari.

(Gunawan)