Hanya 3 Bulan Polres Indramayu Ungkap 20 Kasus Narkoba

Details

Metroonlinenews.com – Sepanjang bulan April hingga Juni 2022, Sat Narkoba Polres Indramayu telah mengungkap 20 kasus peredaran narkotika, psikotropika dan obat-obat terlarang. Atas kasus itu, 24 Tersangka telah diamankan petugas dari sejumlah TKP di 13 Kecamatan Indramayu.

Kapolres Indramayu, AKBP M. Lukman Syarif menjelaskan, mereka telah terbukti sebagai Kurir dan Pengedar atau menjual secara terhubung kepada masyarakat.

“Modus transaksi mereka dengan jasa titipan maupun sistem tempel. Status mereka terdiri dari 15 Tersangka sebagai Pengedar, dan 9 Tersangka sebagai Kurir,” papar Lukman dalam konferensi persnya di ruang Patria Tama, Polres Indramayu, Jum’at (24/06/2022)

Kapolres Indramayu menambahkan, adapun pasal yang disangkakan terhadap mereka yaitu pasal 111, dan/ pasal 112, dan/ pasal 114 UU No.35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman 5-20 tahun penjara dan denda Rp.800 juta-10 milyar. Selain itu, mereka juga dijerat pasal 196 dan/ pasal 197 UU No 36 tahun 2009 Tentang Kesehatan dengan ancaman hukuman 10 – 15 tahun, denda Rp 1-1,5 milyar.

Pada kesempatan itu Kapolres Lukman juga menghimbau agar masyarakat berpartisipasi dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba dengan melakukan pengawasan maupun pembinaan mental. Ia juga meminta agar warga tak segan-segan memberi informasi kepada Petugas apabila ditemukan penyalahgunaan narkoba.

“Saya memohon bantuannya agar masyarakat melaporkan dan membantu petugas dalam upaya penegakkan hukum terhadap penyalahgunaan obat-obatan terlarang dan zat-zat terlarang karena kita potong dan kita berantas peredaran narkoba ini tentu akan menyelamatkan generasi bangsa”, sambungnya.

Di tempat yang sama, Kasat Narkoba Polres Indramayu, AKP Heri Nurcahyo memastikan para tersangka akan terus diproses hukum lebih lanjut.

“Seluruh Tersangka yang sudah disidik akan diproses sesuai undang -undang yang berlaku. Dan tak ada namanya yang dibebaskan di tengah jalan”, tandas Heri.

Selain memperlihatkan para tersangka yang berbaris, tampak paling depan salah satunya “S” warga Singajaya yang ditahan sejak April lalu, juga ditunjukkan sejumlah barang bukti, yaitu: 69,42 gram sabu-sabu, 187, 97 gram ganja kering, 9.656 butir Tramadol, dan 13.833 butir Excimer.

(Agus)