Ketua KPU Jakarta Selatan: Pemilu di Jakarta Selatan Barometer Politik Nasional

Details

Metroonlinenews.com, Jakarta  РTahapan Pemilu 2024 sudah mulai dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), baik di pusat maupun daerah.

Salah satunya adalah yang diselenggarakan KPU Kota Jakarta Selatan. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jakarta Selatan, Selasa 2 November 2022, menyelenggarakan Sekolah Kader Demokrasi Sosialisasi Pembentukan Badan Adhoc Pemilu 2024.

Ketua KPU Jakarta Selatan Agus Sudono menyatakan partisipasi masyarakat adalah faktor penting dalam menyukseskan Pemilu. Baik sebagai badan adhoc seperti PPK, PPS, maupun anggota TPS.

Bahkan pihak KPU Jakarta Selatan akan melakukan perekrutan relawan Pemilu untuk meningkatkan partisipasi masyarakat.

Agus menyatakan bahwa khusus di Jakarta Selatan, partisipasi sangat digalakkan karena Jakarta Selatan adalah barometer politik atau Pemilu nasional.

“Jakarta Selatan, dari segi jumlah pemilih cukup besar, 1,7 juta pemilih dan 6000-an TPS. Kedua di sini banyak kantor DPP Partai Besar. Dan ketiga instansi negara penting ada di sini seperti Mabes Polri, BIN, Kantor KPK, termasuk calon stakeholder capres dan DPRI biasa darinya Jakarta Selatan. Jadi ini penting menjadi perhatian,” ujar Agus Sudono di kantor Walikota Jakarta Selatan.

Agus menambahkan, salah satu ciri khas kawasan Jakarta Selatan adalah warga banyak yang tinggal di apartemen sehingga perlu dukungan dan pelayanan khusus agar semua warga bisa menggunakan hak pilihnya.

Sementara itu asisten bidang Pemerintahan Pemkot Jakarta Selatan, Mahludin menyatakan, sukses pemilu sangat tergantung pada partisipasi semua lapisan masyarakat.

“Harus ada dukungan dan partisipasi masyarakat. Baik dukungan material maupun kritik, saran dan pengawasan masyarakat supaya kualitas pemilu lebih baik,” ujar Mahludin.

KPUD Jakarta Selatan mulai tanggal 16 November akan melakukan perekrutan PPK. KPUD mengundang masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam seluruh proses pelaksanaan Pemilu 2024.*