Diduga Langgar Perda, Barang Inventaris DPRD Indramayu di Kantor Kuwu Sukagumiwang Dikembalikan

Details

Metroonlinenews.com, Indramayu – Keberadaan sejumlah barang inventaris Sekretariat DPRD Indramayu, Jawa Barat, di Kantor Kuwu (Kepala Desa) Desa Sukagumiwang Kecamatan Sukagumiwang yang viral di Medsos diduga tak memenuhi prosedur dan ketentuan yang berlaku.

Barang- barang milik Daerah yang berpindah dari kantor DPRD Indramayu ke kantor Kuwu Sukagumiwang itu ditengarai melanggar Peraturan Daerah (Perda) nomor 8 Tahun 2017 tentang Pengelolaan Barang Milik Daerah. Hal itu mulai terungkap setelah sejumlah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan Wartawan melakukan audensi dan mempertanyakan secara langsung kepada Ketua DPRD Indramayu, H Syaefuddin, Kamis (30/12/2021).

Syaefudin menjelaskan, keberadaan sejumlah barang inventaris DPRD di kantor Kuwu Sukagumiwang tersebut berawal dari adanya surat permohonan Budi Setiawan selaku Camat Sukagumiwang kepada Ketua DPRD Indramayu, tertanggal 16 September 2021 lalu. Syaefudin kemudian memberikan disposisi kepada Sekretaris DPRD untuk diproses lebih lanjut.

“Betul, barang milik daerah yang berada di kantor Pemdes Sukagumiwang adalah inventaris Sekretariat DPRD Indramayu yang dimohon Camat Sukagumiwang dan saya yang menulis disposisinya,” aku Syaefudin.

Hanya saja setelah keberadaan barang inventaris itu menjadi viral di media sosial dan karena ada audensi pihak LSM, pihak Sekretariat DPRD pun akhirnya menarik kembali pemberian barang inventaris DPRD tersebut.

Sejumlah barang yang terdiri 4 buah meja, 10 kursi rapat, 1 Sofa, 2 Filling Cabinet, 1 buah kulkas sesuai berita acara penyerahan Nomor 008/433-Kec dikembalikan lagi kepada pihak kantor DPRD Indramayu pada Jum’at (31/12/2021).

Dalam Perda Nomor 8 Tahun 2017 tentang Pengelolaan Barang Milik Daerah tersebut dikatakan bahwa pemindahan Barang Milik Daerah dari Pengguna barang DPRD Indramayu ke kantor Camat Sukagumiwang harus ada persetujuan dari Bupati Indramayu selaku Pemegang Kekuasaan Pengelolaan Barang Milik Daerah. Nyatanya, setelah menerima surat permohonan dari Camat Sukagumiwang, Ketua DPRD langsung memberikan disposisi kepada Sekretariat Dewan (Setwan), kemudian ditindaklanjuti oleh Kabag Umum dan Kasubag Rumah Tangga.

Kartu Disposisi pemberian Barang Milik Daerah oleh Ketua DPRD Indramayu yang diduga bertentangan dengan Perda Nomor 8 Tahun 2017.

Lebih parah lagi setelah barang milik rakyat itu diberikan oleh Kasubag Rumah Tangga kepada Camat Sukagumiwang, kemudian Camat Sukagumiwang memberikannya lagi kepada Kuwu Sukagumiwang. (Guntur & Agus).

Diduga Langgar Perda, Barang Inventaris DPRD Indramayu di Kantor Kuwu Sukagumiwang Dikembalikan