Cegah Banjir, Komunitas Josami Pungut Lumpur Saluran Air

Details

Metroonlinenews.com, Indramayu – Sejumlah anak muda yang tergabung dalam komunitas Jondol Sasak Mijan (Josami) beserta masyarakat di Desa Anjatan Utara Kecamatan Anjatan Kabupaten Indramayu Jawa Barat, melaksanakan kegiatan bhakti sosial membersihkan saluran air dari endapan lumpur dan sampah yang menjadi salah satu penyebab terjadinya banjir saat hujan turun di wilayah tersebut, Minggu (24/7/2022).

Menurut Aris, Ketua Komunitas Josami, kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian para pemuda dalam upaya penanggulangan banjir yang kerap terjadi di wilayah tersebut pada saat musim penghujan tiba. Selain itu, juga sebagai upaya untuk menggugah kepedulian masyarakat sekitar agar bersama – sama menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah pada saluran air.

“Kami bersama masyarakat melaksanakan giat pungut lumpur karena disini kerap terjadi banjir apabila hujan turun akibat saluran air yang terumbat karena endapan lumpur yang menyebabkan saluran air menjadi dangkal dan tumpukan sampah,” ucap Aris.

Aris berharap, dengan diadakannya kegiatan tersebut bisa memupuk kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan terlebih membuangnya kedalam saluran air yang menyebabkan banjir jika musim hujan.

Sementara itu, Komarudin, Ketua RT setempat menyambut baik kegiatan yang dimotori para pemuda. Ia berharap, kegiatan tersebut terus dilakukan secara rutin agar lingkungan terbebas dari banjir.

“Kami menyambut baik dan memberikan apresiasi pada para pemuda yang tergabung dalam Komunitas Josami karena berinisiatif melakukan giat pungut lumpur pada saluran air sehingga setidak-tidaknya bisa mengantisipasi terjadinya banjir di musim penghujan,” pungkas Komarudin.

(Gunawan)