Camat Patrol Gandeng PMI Indramayu Adakan Donor Darah, Terkumpul 124 Kantong

Details

Donor darah di Kantor Kecamatan Patrol, Selasa (10/3/2020).

Metroonlinenews.com, Indramayu – Pemerintah Kecamatan Patrol bersama Palang Merah Indonesia (PMI) Indramayu kembali mengadakan kegiatan donor darah, Selasa (10/3/2020).

Ratusan pendonor terlihat memenuhi Aula Kantor Kecamatan. Mereka yang ikut mendonorkan darahnya  terdiri dari kalangan instansi dan masyarakat umum. Dari 146 pendaftar, hanya 124 yang memenuhi syarat untuk mendonorkan darahnya.

Acara donor darah dihadiri Ketua PMI Indramayu Mulya Sedjati didampingi Wakil Ketua 1 bidang transfusi darah, Trisula Baedi, Camat Patrol Teguh Budiarso dan Muspika Patrol.

Camat Patrol Teguh Budiarso, Ketua PMI Indramayu Mulya Sedjati dan Wakilnya Trisula Baedi di kegiatan donor darah di Kantor Kecamatan Patrol, Selasa (10/3/2020).

Camat Patrol Teguh Budiarso mengatakan, kegiatan ini merupakan agenda rutin dari program sosial Pemerintah Kecamatan Patrol yang digelar setiap tiga bulan sekali.

“Alhamdulillah kegiatan sekarang melebihi target, dari 120 kantong yang direncanakan ternyata bisa terkumpul 124 kantong dari pendonor yang memenuhi syarat,” kata Teguh.

Kami, lanjut Teguh, mengajak seluruh perangkat institusi dan masyarakat serta pelajar agar turut serta menyumbangkan darahnya guna membantu pasien yang membutuhkan darah sesuai golongannya.

Sementara itu Ketua PMI Indramayu melalui wakilnya Trisula Baedi mengungkapkan, untuk sementara ini kondisi stok darah di PMI Indramayu masih aman. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan terjadi penurunan ketersediaan mengingat peningkatan permintaan secara mendadak.

“Kami sudah menyusun jadwal donor darah keliling setiap hari di berbagai wilayah Kecamatan atau institusi tertentu guna antisipasi sedini mungkin adanya keterbatasan stok,” ujarnya.

Adapaun layanan informasi PMI, lanjut Trisula, bisa download aplikasi Donorku di Play Store untuk mengetahui jadwal kegiatan donor darah termasuk kondisi sediaan darah di masing- masing PMI se Indonesia.

Dari hasil kegiatan donor darah pada kegiatan tersebut terkumpul 124 kantong darah terdiri dari golongan darah  A terkumpul sebanyak 38 kantong,  golongan darah B sebanyak 35 kantong, golongan darah O sebanyak 40 kantong dan untuk golongan darah AB terkumpul 11 kantong. (Gunawan).

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.