Bupati Indramayu Launching Pelatihan Naker Purna PMI

Details

Metroonlinenews.com, Indramayu – Bupati Indramayu, Nina Agustina launching program Perempuan Berdikari (Pe-Ri) melalui kegiatan pelatihan kewirausahaan bagi perempuan purna Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Desa Sumbermulya Kecamatan Haurgeulis Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, (9/8/2022).

Program Pe-Ri merupakan salah satu program unggulan Bupati Indramayu, dimana program tersebut merupakan upaya Pemerintah Indramayu melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) untuk peningkatan martabat kaum perempuan purna pekerja migran sekaligus agar memiliki ketrampilan dan pengetahuan Kewirausahaan demi meningkatnya taraf hidup keluarga.

“Alhamdulillah, saat ini para perempuan purna pekerja migran Indonesia yang ada di Indramayu memiliki kesempatan untuk mengikuti pelatihan kewirausahaan melalui program Pe-Ri agar bisa lebih mandiri meskipun tidak kembali bekerja di luar negeri,” ujarnya..

Jenis pelatihan dan pendampingan kewirausahaan dalam program tersebut diantaranya, materi motivasi Kewirausahaan, pelatihan keterampilan, pelatihan manajemen keuangan dan permodalan, legalitas produk, kemasan produk dan pemasaran. Juga diberikan akses permodalan melalui perbankan yang bekerjasama dengan BJB.

Menurut Bupati Indramayu, sejak diluncurkannya program Pe-Ri dari tahun 2021 hingga saat ini sudah mencakup 32 Desa dan akan terus dilakukan agar bisa menjangkau seluruh desa yang berada di wilayah Kabupaten Indramayu yang berjumlah 317 desa dalam kurun waktu 5 tahun. Sedangkan untuk anggaran pelaksanaan pelatihan pada program tersebut bersumber dari APBD Kabupaten Indramayu, sedangkan untuk permodalan dari perbankan bekerjasama dengan BJB.

“Pada program Pe-Ri juga terdapat Krucil (Kredit Usaha Kecil) yang disuport oleh BJB, sedangkan untuk pelatihannya bersumber dari APBD Indramayu,” pungkas Nina Agustina.

Pada Launching itupun Bupati Indramayu berkesempatan mengunjungi stan para pelaku Usaha Kecil Mikro (UKM) yang menggelar produk usaha mulai dari makanan olahan, souvenir, replika bunga dan aksesoris lainnya.

(Gunawan)