Bahaya, Pondasi Jembatan Cihowe Desa Sanca Ambruk

Details

Metroonlinenews.com, Indramayu – Akibat tergerus aliran air sungai karena curah hujan tinggi terjadi pada hari Minggu lalu, pondasi jembatan Cihowe di Desa Sanca Kecamatan Gantar Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, sebagian ambruk sehingga membahayakan pengguna jalan.

Sukirman, warga sekitar jembatan menuturkan, ketika terjadi hujan deras dan debit air sungai Cihowe cukup tinggi, dirinya mendapat kabar dari pengguna jalan kalau pondasi jembatan longsor. Sukirman segera bergegas ke lokasi longsor yang memang hanya berjarak beberapa belas meter saja dari rumahnya, kemudian warga pun berdatangan dan ada yang berinisiatif menghalangi sebagian jalan diatas jembatan dengan ranting kayu.

“Kalau ga salah, seingat saya kejadiannya pada malam Minggu, saat hujan dan Air sungai Cihowe hampir mencapai ketinggian jembatan, kemudian terjadi longsor pada sebagian pondasi jembatan,” tutur Sukirman.

Kuwu Desa Sanca, Nyai Nur Komariah, saat ditemui di kantornya, Rabu (16/11/2022), mengatakan, Pemerintah Desa Sanca sudah meninjau lokasi jembatan, kemudian melayangkan surat kepada pihak Dinas PUPR dan Bupati Indramayu.

“Kami langsung meninjau lokasi setelah itu melayangkan surat secara resmi ke Pemda Indramayu bahkan kemarin sudah ditinjau oleh pihak BPBD,” ucap Kuwu Desa Sanca.

Kuwu Sanca berharap jembatan Cihowe segera diperbaiki agar akses transportasi masyarakat tidak terhambat. Jembatan itu penting sebagai penghubung transportasi warga dari wilayah Gantar menuju Desa Sanca.

(Gunawan)