Atasi Kekeringan, Pengusaha Badan Buruh Pemuda Pancasila Siap Bantu Pemerintah

Details

Metroonlinenews.com, Palembang – Guna mengantisipasi ancaman dan dampak El Nino Tahun 2023, Badan Buruh dan Pekerja Pemuda Pancasila (B2P3) siap membantu pemerintah dalam memitigasi upaya pencegahan kekeringan dengan memastikan ketersediaan air bersih dan pangan pada musim kemarau.

Kepala Bidang Tani dan Nelayan B2P3, M. Gustian, SE, MM mengatakan pihaknya melalui PT. Telaga Agung Perkasa telah berpengalaman lebih dari 50 tahun dalam hal penanganan pekerjaan sumur bor dari air tanah yang didukung teknologi termuktahir guna melakukan berbagai upaya dalam mengantisipasi El Nino Tahun 2023.

“Bulan Agustus ini dan beberapa bulan ke depannya merupakan puncaknya kekeringan lahan pertanian di Indonesia karena itu B2P3 siap untuk membantu kementerian/ lembaga guna mencegah bahaya pertanian akibat kekeringan EL Nino tahun 2023 ini,” ujar Gustian di temui di rumahnya di Palembang, Jumat (9/9/2023).

Menurut Gustian, B2P3 akan terus memberikan imbauan kepada daerah-daerah yang biasanya mengalami kekeringan untuk memastikan ketersediaan air. Ini adalah langkah penting untuk memastikan masyarakat umum dan khususnya para petani agar tetap memiliki akses terhadap sumber air yang cukup saat memasuki musim kemarau,” ujar Gustian jebolan Universitas Sriwijaya ini.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi puncak fenomena iklim El Nino yang akan memicu cuaca panas ekstrem di Indonesia pada Agustus-Oktober 2023 dan akan berlanjut hingga awal 2024.

Adapun sejumlah daerah yang akan terdampak cukup parah akibat adanya El Nino, diantaranya Sumatra bagian tengah hingga Selatan, Riau bagian Selatan, Jambi, Lampung, Banten, hingga Jawa Barat.

Gustian juga menyebutkan beberapa daerah yang terdampak El Nino dan memiliki potensi bahaya Karhutla.

“Ada 6 provinsi prioritas yang telah menetapkan status tanggap darurat dalam penanggulangan karhutla antara lain Jambi, Riau, Sumtera Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah,” jelas Gustian.

Dia juga menyampaikan bahwa BP23 siap memberikan dukungan kepada Pemerintah Pusat dan daerah terkait penanganan darurat bencana kekeringan dan cuaca dingin ekstrem, salah satunya melalui penyedian sumber air tanah dengan sarana sumur bor atau sumur dalam .

Gustian mengatakan beberapa daerah-daerah di Indonesia di Jawa dan Sumatera mengalami kekeringan yang cukup parah karena sedikitnya fenomena hujan sehingga akan berdampak pada kekeringan.

“Ada beberapa hal yang perlu diwaspadai sejak Agustus hingga Oktober 2023 mendatang. Dengan adanya El Nino yang cukup parah di daerah-daerah tersebut, katanya, selain diprediksi dapat membuat kekeringan, juga akan memicu gagal panen di sektor pertanian. B2P3 siap membantu pemerintah mengatasi kekeringan berlanjut di daerah yang membutuhkan ketersediaan air,” pungkas Gustian.

(Zul)