Vaksinasi Masal di Desa Blang Dalam Tunong Lebihi Target

Details

Metroonlinenews.com, Lhokseumawe – Aparatur Gampong (desa) Blang Dalam Tunong, Kec.Nisam, Kab.Aceh Utara, berhasil mengajak masyarakatnya melakukan vaksin.Terbukti data yang diperoleh di hari terakhir dari empat hari pelaksanaan vaksin masal sudah mencapai 2806 orang yang sudah divaksin.Capaian angka tersebut sudah melebih target, dimana jumlah penduduk Desa Blang Dalam Tunong hanya 1000 orang.

“Penduduk kami hanya 1000 orang, yang vaksin ditempat kami itu ternyata banyak juga yang datang dari desa tetangga bahkan dari data yang masuk ada juga warga dari luar kecamatan Nisam, hingga sampai menjelang akhir vaksinasi masal di desa kami mencapai 2806 orang,”kata tokoh masyarakat setempat, Isranuddin Ibrahim, di lokasi vaksinasi massal, Desa Blang Dalam, Senin, (27/12)

Dikatakannya, prakarsa melaksanakan vaksin massal berawal dari segenap perangkat desa mengelar rapat dan menghasilkan kesepakatan.Hasil kesepakatan tersebut kami laporkan ke Polsek setempat meminta petugas vaksin.

Sebelumnya, rapat aparat desa juga memikirkan strategi khusus agar pelaksanaan vaksinasi di desa kami sukses.Rapat memutuskan agar petugas medis dan kepolisian tidak memakai pakaian seragam untuk menghindari ketakutan warga.

“Pada umumnya masyarakat trauma melihat petugas memakai pakaian APD dan seragam meliter, karena masyarakat Aceh teringat masa konflik dulu.Jadi kami menciptakan suasana santai tanpa ketegangan,”ujar Isranuddin.

Strategi itu menurut Isranuddin berhasil dengan bukti sampai hari terakhir vaksin pada hari ini warga desa kami terus berbondong datang ke tempat pelaksanaan vaksin.Antusias masyarakat mengikuti vaksinasi bukan saja warga setempat, tapi warga tetangga bahkan warga di kecamatan lain juga datang melakukan vaksin di tempat kami.

Diakhir, Ia meminta kepada seluruh masyarakat Aceh terus ikutin vaksin, karena ini program pemerintah dalam memutus penyebaran corona.(rizal).

Editor: Zulfikri