Tim SAR Gabungan Berhasil Evakuasi Penumpang KMP Difa Jaya

Details

Metroonlinenews.com,  Halsel – Tim SAR Gabungan yang terdiri drai Basarnas Unit Siaga Sar Bacan, LANAL Bacan dan BPBD Halsel serta keluarga korban berhasil mengevakuasi seluruh penumpang KMP Difa Jaya yang tenggelam di perairan Tanjung Gorango, Kabupaten Halmahera Selatan Provinsi Maluku Utara. pada minggu malam. (21/8/2022)

Dalam musibah tersebut, KMP Difa Jaya yang membawa 16 penumpang itu sebelum tenggelam, kapal mengalami kebocoran.

Tim SAR Gabungan berhasil mengevakuasi seluruh penumpang KMP Difa Jaya dalam keadaan selamat.

Evakuasi mengunakan kapal Rescue Boat 309 Basarnas Tim SAR Gabungan itu tiba di lokasi tenggelamnya Kapal naas tersebut sekitar pukul 21.45 WIT dan menemukan para penumpang mengapung di laut dengan menggunakan jerigen dan rakit.

Kepala Basarnas Ternate, Fathur Rahman menjelaskan, proses evakuasi korban dengan menggunakan Kapal Rescue Boat 309 Basarnas tiba di lokasi tenggelamnya Kapal naas tersebut sekitar pukul 21.45 WIT.

“Menemukan para penumpang mengapung di laut dengan menggunakan jerigen dan rakit,” tandasnya.

Selanjutnya seluruh korban dievakuasi ke kapal Rescue Boat (RB 309) untuk diberikan pertolongan pertama. Tim SAR Gabungan kemudian melakukan pendataan korban, sesuai laporan awal jumlah korban berjumlah 6 orang. Namun setelah dilakukan pendataan ulang di lapangan jumlah korban 16 Orang dan seluruhnya berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat namun satu orang mengalami luka atas nama Murdani.

Pukul 23.55 WIT, Tim SAR Gabungan tiba di Pelabuhan Panambuang Bacan dan satu orang yang korban yang mengalami luka atas nama Murdani dievakuasi menuju RSUD Labuha dengan menggunakan Ambulance BPBD Halmahera Selatan.

“Dengan ditemukannya seluruh korban dalam keadaan selamat makan operasi SAR pun ditutup dengan hasil 16 Orang Korban dievakuasi dalam keadaan Selamat,”jelasnya. (bal)