Masjid Baitul Hamd PT JIEP Bagikan 1200 Paket Ecoqurban

Details

Metroonlinenews.com, Jakarta – Sebanyak 1200 Paket Ecoqurban Iedul Adha 1443 Hijriah dibagikan Panitia Kurban Masjid Baitul Hamd PT JIEP (Jakarta Industrial Estate Pulogadung) kepada warga di Kelurahan Jatinegara, Cakung, Jakarta Timur.

“Alhamdulillah, Ahad ini kami telah bagikan 1200 Paket Ecoqurban kepada warga yang membutuhkan. Kami ucapkan terima kasih kepada para donator semoga Allah SWT membalas kebaikan semua donator dengan balasan yang tak terhingga,” ujar Ketua Panitia Kurban, Rohmat di Jakarta, Minggu (10/7/2022).

Menurut Rohmat, untuk tahun ini Masjid Baitul Hamd mendapat 5 sapi dan 7 kambing. Perinciannya, 3 dari PT JIEP, 1 dari Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan 1 dari TV One serta 6 kambing sumbangan dari warga sekitar.

Rohmat yang juga Ketua Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Cakung ini menambahkan, pelaksanaan kurban ini baru terealisasi pasca Pendemi.

“Tahun lalu kami tidak bisa melaksanakan pemotongan hewan kurban karena masih Covid 19. Terakhir tahun 2000,” imbuhnya.

Ditemui sebelumnya, Ketua DKM Masjid Baitul Hamd, Wenang Jokopinoto mengatakan bahwa pihaknya telah menerapkan Ecoqurban saat Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah pada 10 Juli 2022 hari ini.

Upaya itu dilakukan karena mengikuti Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta Nomor 142 Tahun 2019 tentang Kewajiban Penggunaan Kantong Belanja Ramah Lingkungan.

Wenang mengatakan, panitia kurban memang sejak awal memutuskan untuk memakai wadah ramah lingkungan berupa besek bambu dalam mendistribusikan daging kurban kepada mustahik.

“Kami paham bahwa pemakaian kantong plastik merupakan jenis sampah yang membutuhkan waktu ratusan tahun untuk terurai secara alamiah. Apalagi kantong plastik kresek hitam merupakan hasil dari proses daur ulang plastik bekas pakai yang mengandung zat karsinogen dan berbahaya bagi Kesehatan,” paparnya.

Wenang menambahkan, keberadaan besek selain ramah lingkungan juga membuka kesempatan bagi UMKM yang memproduksi besek bisa mendapatkan manfaat ekonomis dari kegiatan Idul Qurban. (Zul)