Luhut dan Airlangga Muncul di Pandora Papers, ProDEM : Usut Dua Menteri Presiden Jokowi Itu

Details

Metroonlinenews.com, Jakarta – Jaringan Aktivis Pro Demokrasi (ProDEM) melakukan unjuk rasa di kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Jalan HR Rasuna Said Kav C-22, Kuningan, Jakarta Selatan Rabu (6/10/2021).

Aksi massa Prodem itu mendesak KPK segera menyidik dan menangkap Luhut Binsar Pandjaitan dan Airlangga Hartarto.

Koordinator aksi, Iwan Sumule yang juga Ketua Majelis Prodem mengatakan, dua Menteri Presiden Joko Widodo itu muncul dalam dokumen Pandora Papers, yang membocorkan dokumen finansial rahasia yang menguak kesepakatan bisnis dan kepemilikan perusahaan di Indonesia.

Pandora Papers adalah dokumen yang mengungkapkan aset tersembunyi, penghindaran pajak dan kasus pencucian uang oleh beberapa orang terkaya dan berkuasa di dunia.

Dokumen itu berasal dari 14 agen pengatur perusahaan cangkang, yang merupakan hasil investigasi dan liputan kolaborasi yang dipimpin oleh International Consortium of Investigative Journalists (ICIJ) atau Lembaga Jurnalisme Investigasi Non Profit yang berbasis di Washington DC.

Dalam aksinya massa Prodem membawa berbagai poster dan bendera Prodem dan dikawal ketat Aparat Kepolisian. Usai berorasi akhirnya massa Prodem membubarkan diri dengan tertib. (Rizal).

Luhut dan Airlangga Muncul di Pandora Papers, ProDEM : Usut Dua Menteri Presiden Jokowi Itu