Desa Mekarwaru Ikut Lomba Desa 2024

Details

Metroonlinenews.com, Indramayu – Pemerintahan Desa Mekarwaru mewakili Kecamatan Gantar mengikuti penilaian Lomba Desa Tingkat Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Selasa (23/5/2023).

Kedatangan tim penilai lomba desa tingkat Kabupaten pun disambut meriah dengan disuguhkannya tarian lengser dan jaipongan yang merupakan ciri khas budaya masyarakat Desa Mekarwaru yang mayoritas kultur budayanya Sunda.

Dikatakan Iim Nurahim, Camat Gantar, terpilihnya Desa Mekarwaru untuk mengikuti lomba desa tingkat Kabupaten tahun 2024 berdasarkan nilai tertinggi yang didapat diantara desa – desa lainnya yang berada di wilayah Kecamatan Gantar. Tujuan kegiatan tersebut untuk mengukur atau dijadikan barometer sejauh mana menjalankan fungsi kinerja Pemerintahan Desa.

“Penilaian lomba desa ini meliputi penyelenggaraan pemerintaha desa secara keseluruhan, baik aspek umum, Kamtibmas, aspek gotong royong, parti juga kinerja lembaga kemasyarakatan yang ada di desa termasuk partisipasi masyarakat,” ujar Camat Gantar.

Edi Sukandi, Kuwu Desa Mekarwaru mengatakan, dengan ikut sertanya Desa Mekarwaru pada lomba desa tingkat Kabupaten, kedepannya diharapkan tata kelola pemerintahan desa bisa lebih tertata dalam segi administrasi, pengelolaan data, dari segi pemerintahan, pelayanan dan lainnya untuk pengembangan Desa Mekarwaru.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada tim penilai yang telah datang sehingga bisa dijadikan motivasi tersendiri agar kedepan tata kelola pemerintahan Desa Mekarwaru bisa lebih baik lagi usai mengikuti lomba administrasi desa tingkat kabupaten Indramayu,” ungkap Kuwu Mekarwaru.

Sementara itu tim penilai lomba desa tingkat kabupaten Indramayu, Sismi, mengatakan, lomba desa ini diantaranya untuk mengevaluasi penyelenggaraan Pemerintahan Desa sedangkan pemenang lomba tingkat kabupaten akan di-ikutsertakan pada penilaian lomba desa tingkat Provinsi Jawa Barat.

(Gunawan)