Cantiknya Cinderamata Topeng Karya Napi, Toni RM Apresiasi Kalapas Indramayu

Details

Cantiknya Cinderamata Topeng Karya Napi, Toni RM Apresiasi Kalapas Indramayu

Metroonlinenews.com, Indramayu – Meski di tempat terbatas namun tidak menghalangi untuk berkreatifitas. Itulah yang terjadi pada Narapidana (Napi) di Lempaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Kabupaten Indramayu.

Di balik jeruji besi para Napi membuat berbagai kerajinan tangan diantaranya adalah kerjajinan tangan khas Indramyu yaitu topeng yang dibuat dalam bentuk plakat dan hiasan dinding.

Kepala Lapas (Kalapas) Indramayu Beni Hidayat mengatakan, para Napi atau warga binaan itu meski di tempat terbatas tetapi mereka tetap berkreatifitas. Beni terus memberikan pembinaan dan dukungan kapada para Napi untuk terus berkarya agar para Napi mempunyai keterampilan sebagai bekal nanti kembali ke masyarakat.

Plakat dan hiasan dinding karya para Napi Lapas Indramayu terkemas cantik dan elegant. Detil warna topengnya rapi dan sempurna sehingga layak karya warga binaan Lapas Indramayu ini dijadikan sebagai cinderamata.

5 jenis topeng khas Indramayu ini menggambarkan watak prilaku manusia. Yaitu topeng Panji, Samba, Kelana, Tumenggung dan Rumiyang. Beni pun menjelaskan satu persatu filosofi 5 jenis topeng khas Indramayu ini.

Plakat topeng Panji dan hiasan dinding 5 topeng khas Indramayu inj Beni hadiahkan kepada Toni RM, Pengacara ternama di Kabupaten Indramayu saat Toni RM berkunjung ke Lapas Indramayu, Rabu (21/6/2023).

Toni RM mengapresiasi Kalapas Indramayu yang terus memberikan ruang seluas-luasnya kepada para warga binaan untuk bebas berkreatifitas dan berkarya sehingga para Napi mempunyai keterampilan yang bermanfaat kelak jika warga binaan itu kembali ke masyarakat.

Menurut Toni, karya plakat dan hiasan dinding topeng khas Indramayu yang cantik dan elegant itu tidak lepas dari support dan binaan Kalapas Indramayu Beni Hidayat.

Toni juga mengapresiasi para warga binaan yang tetap berkreatifitas. Meskipun berada di dalam Lapas tetapi karyanya luar biasa. (Tim Metroonlinenews.com).

Cantiknya Cinderamata Topeng Karya Napi, Toni RM Apresiasi Kalapas Indramayu